A. DEFINISI KOMUNIKASI MASSA
Banyak definisi tentang komunikasi massa yang telah dikemukan para ahli komunikasi. Namun dari sekian banyak definisi itu pada dasarnya komunikasi massa menurut Nurudin, M.Si dalam bukunya Pengantar Komunikasi Massa adalah komunikasi melalui media massa (media cetak dan elektronik). sebab awal perkembangannya berasal dari pengembangan kata media of mass communication (media komunikasi massa). Media masa yang di maksud adalah media atau saluran yang dihasilkan teknologi modern. mengapa? karena ada juga media yang bukan media massa yakni media tradisional seperti kentongan, angklung, gamelan dan lain-lain.
Perlu juga membedakan massa dalam arti "umum" dengan massa dalam arti komunikasi massa. misalnya kita mendengar seorang penyiar televisi mengatakan " Pemirsa, massa yang jumlahnya ratusan orang itu bergerak menuju gedung DPR-RI..." kata massa dalam hal ini adalah kumpulan individu yang berada disuatu lokasi tertentu.
Massa dalam arti komunikasi komunikasi massa lebih menunjuk kepada penerima pesan yang berkaitan dengan media massa atau massa dalam sikap dan perilakunya berkaitan dengan peran media massa.
Lalu apa media massa dalam komunikasi massa?
dari sekian banyak definisi, bisa dikatakan media massa bentuknya antara lain media elektronik, media cetak, buku dan film. Media massa zaman ini antara lain televisi, radio, internet, majalah, koran, tabloid, buku dan film (film bioskop).
disamping itu semua, kita juga perlu membedakan antara mass communications (dengan s) dengan mass communication (tanpa s).Mass communications lebih menunjuk kepada media mekanis yang digunakan dalam komunikasi massa yakni media massa, sementara itu mass communication lebih menunjuk kepada teori atau proses teoretik atau dikatakan lebih menunjuk kepada proses dalam komunikasi massa.
Apakah pidato itu disebut sebagai komuikasi massa?
Pidato bisa menjadi proses komunikasi massa jika disiarkan oleh media massa dan dinikmati oleh ribuan atau jutaan audience. tetapi ketika sang orator menyampaikan pidatonya secara langsung dan berbicara dengan anda semua itu disebut komuikasi antarpesona/interpersonal.
sesuatu bisa didefinisikan menjadi komunikasi massa bila mencakup hal-hal berikut :
- Komunikator dalam komunikasi mengandalkan peralatan modern secara cepat kepada khalayak yang luas dan tersebar. pesan tersebut disebarkan melalui media modern.
- Komunikator dalam komunikasi massa dalam menyebarkan pesan-pesannya bermaksud mencoba berbagi pengertian dengan jutaan orang yang tidak saling kenal satu dengan yang lain.
- pesan adalah milik publik.
- Sebagai sumber, komunikator massa biasanya mempunyai organisasi formal seperti jaringan, ikatan atau perkumpulan. komunikator itu berasal dari lembaga, bukan organisasi sukarela atau nirlaba.
- Komunikasi massa dikontrol oleh gatekeeper (penapis informasi). Artinya, pesan-pesan yang disebarkan dikontrol oleh sejumlah individu dalam lembaga tersebut sebelum disiarkan lewat media massa.
- Umpan balik dalam komunikasi massa sifatnya tertunda.
Dengan demikian, media massa adalah alat-alat dalam komunikasi yang bisa menyebarkan pesan secara serempak, cepat kepada audience yang luas dan heterogen. Kelebihan komunikasi massa adalah ia bisa mengatasi hambatan ruang dan waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar